Ahlan Wasahlan Di Ahnaf Blog

Senin, 28 Januari 2013

Ekspedisi mahameru. Petualangan digunung semeru

5  cm
Pasti kata-kata di atas langsung mengingatkan kita pada gunung semeru..... Karna rilis film 5 cm yg laris dipasaran bioskop indo..

Komitmen sebelum mendaki.
Kaki yg akan melangkah lebih jauh dari biasannya.
Tangan yg akan lebih banyak berbuat dari biasanya.
Mata yg akan lebih banyak melihat dari biasanya
Kepala yg akan lebih  banyak mendongak ke atas.
Tekat hati setebal baja
Dan mulut yg  banyak berdo'a

Hhehe thu kata2 cuplikan dari film
5 CM.

Dan tulisan ini baru saya buat di januari 2013  bannyak yg lupa kejadian dan lokasi.harap maklum.
Dan ekspedisi Everest team di mahameru kami lakukan pada bulan oktober 2009 ..  Setelah id fitri
Bermula dari impian menuju gunung tertinggi di jawa. Atas inisiatif ketua team yg baru rilis ketika hendak melakukan ekspedisi sekaligus peresmian everest team yg hanya di anggotai 9 orang. Dan 5 hari setelah idul fitri kami ber 6 berangkat menuju pasuruan...
Yg 3 tak bisa ikut.

kami berangkat dari solo menuju ke surabaya stasiun wonokromo. Kemudian menuju ke terminal dan menuju kerumah teman kami di pasuruan sbagai camp pertama.
Disana kami istirahat kemudian esok hari dimulai lagi perjalanan dari pasuruan menuju terminal arjosari Malang. Dan lanjut naik angot menuju pasar tumpeng..

Di tumpeng kami ketemu sang penolong untk kami. Dia menjelaskan  sarat dan perjalanan menuju mahameru sampai kami disuruh menginap dirumah.. Dialah mas prass. Orang baik yg sangat dikenal dia yg nyupir truk sayur menuju basecamp. Saran saya kalian yg mau mendaki kerumahnya mas prias saja... Naik truk yg lebih murah.
Alhamdulillah disana dijamu makan minum. Snack. Bersma.puluhan pendaki yg lain. Baik banget ...

Tak seperti gunung yang sudah banyak kami daki, ternyata perjalanan menuju semeru sangat menantang..
Berawal dari uang pas pasan. (Maklum masih kantong santri yg jauh dari ortu)  dan Belum tau jalan. Perizinan yang ribet. Ongkos jip yg mahal dll.
Tapi semuanya ada jalan Alhamdulillah.. Ongkos jip 45.000per orang kami ganti dengan naik trek sayur yg hendak kesana ke ranupani nengambil sayuran cukup dengan Rp 20.000 peron nya...
Setelah kami cek kesehatan di puskes skitar tumpeng kami baru lanjut paginya menuju pos perizinan. Karna syarat mendaki Mahameru adalah kesehatan yg baik. Foto copy ktp. Membayar uang perizinan Dan mengisi formuli yg super ribet. Coz saya belum pernah mendaki dengan persyaratan seribet itu...
Tapi berbagai masalah yg ada Alhamdulillah smuanya ada jalannya.
Berangkatlah truk menuju ranupane subhanallah pemandangan gunung bromo yg sangat indah. Dengan garis2 lekungan khas gunung bromo di gambar-gambar di internet. Hehe

Dan ditengah jalan surat perizinan dimintai oleh petugas yg menjaga plang khusus.Dan akhirnya sampailah kami   di basecamp Magameru desa ranupani.ada lembah kecil yg indah  di ranupani.
Dan jam 10 siang kami langsung memulai pendakian setelah absensi team dan personilnya. Kami berangkat dengan semangat sekali. Guyonan ala anak pondok pun  sangat kerap dilontarkan. Kami sangat senang skali. Pos 1,2,3 yg telah di bangun bangunan sederhana kami labas saja dan Smpailah kami pada danau di tengah gunung yg tertiutup kabut.. Kami seperti melihat lautan luasss dengan terkagum kagum. Sampai kabut hilang kami bertakbir melihat indahnya Ranukumbolo. Danau di pertengahan gunung semeru. Airnya yang jernih membuat pemandangannya sangat indah. Lantas kami ngecamp sebentar dan masak makan siang. Kami lanjut menuju basecamp bangunan di dekat diranukumbolo sambil menunggu hujan reda. Dan kami lanjutkan menuju tanjakan Cinta yg konon mitosnya kalau kita naik gak boleh nengok kebelakang kalau kita menghadap kedepan terus dan meminta seauatu pasti akan terkabul. Ahhh tapi kami gak percaya dengan githuan. Kamu lanjut melewati sabana yg luass dan ditumbuhi bunga2 ungu yg mirip bunga lavenda, indah banget kayak di film2 india githu kejar-kejaran di padang bunga.. Haaha. Kami terus berjalan dengan lelucon2 kami hingga perjalanan terasa asik tak membosankan. Sampailah di pos terakhir kalimati  kami ngecam walaupun gak bawa tenda kami bawa matras dan slepingbag cukup bwat penghangat. Kami tidur samai jam 03.00 dan kembali melanjutkan prjalanan. Karna kami gak tau jalan kami ngikut aja sama pendaki pendaki lainnya... Ternyata jurang di kalimati dan arcopodo sangat mengerikan bekas aliran lahar panas ketika meletus....

Dan kami benar2 merasakan real mendaki.. Di track yg berpasir mendaki 3 lankah turun 1 langkah bersama dengan banyak para pendaki lainnya kadang saling memberikan semangat. Bahkan ada anak2 usia sd yg sudah hampir puncak dan jadi motivasi kami agar lebih kuat masak kalah sama anak2.

Dan sekitar jam 08.00 kami sampai di puncak MAHAMERU gunung tertinggi di jawa ... Allahuakbar.

Senang sekali .. Mengibarkan bendera team everest pertama kali di puncak gunung. Karna team baru. Dan baru melakukan ekspedisi yang pertama kali...

Mendaki dari arcopodo membutuhkan 3 jam  sampai 4 jam tapi turun hannya butuh 25 menit. Karna medan pasir langsung lari melorot kayak sky salju tapi di pasir..haha. Asikk....
...dan kami turun dengan cepat . Dari jam 09.00 sampai ranukumbolo sore jam 04.00 kami masak makan siang plus malam.  Dan kami malam ngecamp di pos 2 di rumah rumahan yg berdiri sampai pagi menjelang kami lanjut turun....

Sampai diranupani kami mencoba mencari truk yg mengangkut kami kemarin.. Tapi tak kunjung datang .. Mas pras yg kami kenal memang sangat baik kepada para pendaki.
Tapi apa daya, Allah tak mempertemukan dengan kami lagi.

Dan akhirnya kami naik jip atas tawar nenawar akhirnya kami bisa naik jip denga. Harga 25.000 kami bilang kehabisan uang.. Karna memang iya....
Dan akhirnya kami meninggalkan ranupani menuju tumpeng. Dan sempat berfoto di perbukitan bromo yg indah... Dan bertemu mas prass di tengah perjalanan kami hanya melambaikn tangan tanda terimakasih dan senang. Karna bantuannya dan ntah kapan lagi kami.bisa bertemu. Bagi kami dia sangat baik... Karna cekup kesehatan sebelum ke pos prizinan i diantar oleh dia malam.malam dengan truck. Baru kenal kami sudh dipercaya memakai motor dia dll kebaiknnya.......semoga Allah mbalasmu..... Hingga sampailah kami di pasar tumpeng dan lanjut ke trminal arjosari dan menuju pasuruan. Sidoarjo dan ke surabaya lagi dan naik keret dari stasiun gubeng menuju solo.....

Usai sudah perjalanan kami di mahameru  smoga dinilai ibadah oleh Allah.  Mentadaburi ayaatullah fil kaunih....
......mahameru menyimpan banyak sekali keindahan alam. Danau ranukumboli yg indah. Membat pendaki ingin kesana lagi, apalagi setelah rilis film 5CM  yang menostalgiakan alumni semeru dan pasti ingin Kesana lagi.
Mahameru melahirkan motivasi yg tak henti.... Merajut persahabatan, kekompakan team , tolong-menolong dan komitmen yg tinggi.
InsaAllah kita kan berjumpa lagi..
Biarkan cita-cita, impian-impian dan keinginanmu menggantung 5 CM di depan keningmu...