Ahlan Wasahlan Di Ahnaf Blog

Selasa, 29 Januari 2013

Mengeset Mimpi-Mimpi (GOAL SETING) kisah cita-cita Tabiin

Suatu pagi yg cerah di dekat rukun yamani, duduklah duduklah 4 remaja yg tampan rupa, berasal dari keluarga yg mulia, mereka Adalah Abdullah bin zubair, Urwah bin Zubeir, Mus'ab  bin Zubair dan yg satulagi Abdul malik bin Marwan.
Mereka saling mengungkapkan apa yang menjadi Obsesinya.I
Abdullah bin zubair angkat bicara " cita-citaku adalah menguasai seluruh hijaz dan menjadi khilafahnya.

Saudaranya
Mus'ab bin Zubair menyusul " keinginanku dapat menguasai wilayah irak dan tak ada yg merongrong kekuasaanku."
adapun Abdul Malik Bin Marwan berkata ' " bila kalian berdua merasa cukup dengan itu, maka aku tidak akan puas sebelum menguasai seluruh dunia dan menjadi kholifah setelah mu'awiyah Bin abi Sufyan.
Sementara itu urwah diam seribu bahasa, lalu semua mendekati dan bertanya, " bagaimana denganmu, apa cita-citamu kelak wahai Urwah.?"
Beliau berkata , " Semoga Allah memberkahi cita-cita kalian dari urusan dunia, aki ingin menjadi 'Alim ( orang berilmu dan beramal )
Sehingga orang2 akan  belajar dan mengambil ilmu tentang kitab rabbnya, sunnah nabinya dan hukum-hukum agamannya dariku lalu aku berhasil di akhirat dan memasuki jannah dengan ridha Allah.
Hari-hari berganti serasa cepat. Pada gilirannya
Abdullah bin Zubair  menjadi penguasa atas hijaz,mesir,yaman,khurasan dan irak, yang akhirnya terbunuh di ka'bah takjauh  dari rukun yamani tempat ia memgungkapkan cita2nya dulu,
Mus'ab Bin Zubair telah menguasai irak sepeninggal saudaranya Abdullah, dan akhirnya dan terbunuh ketika mempertahankan kekuasaannya
Adapun Abdul malik Bin Marwan
Akhirnya nenjadi khalifah ketika ayahnya wafat, dan bersatulah suara kaum muslimin dia berhasil menjadi raja dunia terbesar.
Begitupun dengan
Urwah bin Zubair beliau menjadi ulama panutan di zamannya, ibnu sa.ad dalam tabaqat kedua dari penduduk madinah mengatakan " urwah adalah seorang yg tiqah, banyak meriwayatkan hadits, faqih,Alim,tsabit dan bisa dipercaya, ( kitab attahdzib) bahkan tidak sedikit dari sahabat nabi yg bertanya kepada beliau tentang ilmu...meakipun beliau seorang tabi'in
Dari kisah para tabiin tersebut kita sdah bisa menangkap pelajarang yg dapat diambil.... Bercita-citalah menurut kemampuanmu, agar kamu komitmen dengannya.  dan jangan lupakan akhirat sebagai tujuan utama dan dunia hanyalah wasilah untuk.menuju akhitat.
Mari bercita-cita yg tinggi seperti para tabiin diatas,
Nah......Ngomongin cita-cita, apa  sih cita2 kamu?? Apa kamu nggak punya cita-cita...??  Atau dulu pernah punya cita-cita tapi lupa..
Apa yaa???
Atau selama ini hidup kalian hanya mengikuti apa yang ada, seperti air mengalir dan hanya pasrah dengan keadaan..?
" jawaban ada pada kamu masing"
Sekarang marilah kita merubah sedikit2 tentang cara pandang kehidupan kita, denga visi dan misi yg jelas, sehingga kehidupan kita bisa tertata dengan bagus ..
Goal seting adalah sebuah konsep/langkah dalam perwujudan cita-cita.
Dengan menuliskan Goal / impian anda dalam lembaran-lembaran kertas. Dan berkomitmen untuk mengikuti dan mewujudkan apa yg sudah ditulis. Agar tidak lupa dan selalu ingat ...
Tentang GOAL SETING sudah dilakukan penelitian di YALE UNIVERSITY, amerika. Dari seluruh mahasiswa Hanya 5 % yg mempunyai goal tertulis. Dan ternyata total kekayaan 5% = 95% .... Ini mengindikasikan betapa besar dorongan goal itu dalam kehidupan kita.
Jadi konsep Goal disini adalah tulislah keinginan-keinginan mu di atas lembaran kertas buatlah target kapan keinginan itu dicapai..??
Bahkan bila perlu dibuat se spesifik mungkin, dari tanggal bulan dan tahun.
Tapi dalam goal mempunyai prinsip seperti ini.
3 prinsip GOAL
ο.Tertulis
ο. spesifik
o. Positive
Who.....?  Siapa , yg melakukan
What.....? Apa     , yg menjadi impian
When.....? Kapan , kapan tercapai
Dan ini poin-poin yg harus ada dalam goal kamu:
. Spiritual
. Finansial
. Bisnis & karir
. Keluarga
. Pengembangan diri
. Petualangan/ wisata
. Sosial
Misalnnya,
Nama ahnaf misbahudin
1. Pada                     :  september2012
    telah mencapai  : berpenghasilan 3 juta perbulan
2.Pada                           : setiap hari
    Telah mencapai      : membaca Alqur.an. Membaca buku, sunnah rawatib,
Dhuha. Qiyamullail.
3. Pada                      : pada tahun 2013
    telah mencapai  : mendaki gunung diseluruh jawa tengah + Rinjani
4. Pada                        : tahun 2013
    telah mencapai     :  saya menjadi master english & arabic
5. Pada                         : tahun 2017
      telah mencapai    : menikah
Akan saya buktikan InsyaAllah
Begithulah contoh goal saya dan masih banyak lagi. Itu hanya sebagai contoh. Dan lebih bagus lagi jika dilengkapi tengan tanggal telah capainya.  Dan tempelkanlah pada dinding2 kamar kamu biar setiap hari itu yg kamu lihat dan menjadi targetmu. Kalau kamu belum mencapainya tentu akan tergerak hati kita untuk mencapainya,
Dan yang jelas semua itu butuk komitmen yg tinggi, istiqomah dengan apa yg kita tuliskan dan keyakinanlah yg memudahkan semuanya, yakinlah seyakin yakinnya kamu bisa mencapainya.
Karna Allah  bersama pransangka hmbanya.
Jika anda mengatakan "
"' saya tidak bisa '"
Makan anda benar...
Anda tidak bisa.
Jika anda mengatakan "
'" saya Bisa ":
Anda juga benar
Anda akan bisa......
Karna persepsi itu akan menggiring badan kita untuk seperti itu...begitupun Allah selalu bersama persepsi atau prasangka kita.
Maka katakan "" saya Bisa "
Slamat mencoba dan suskses selalu
Jatilawang 30.jan 2013
1

Tidak ada komentar: