Ahlan Wasahlan Di Ahnaf Blog

Sabtu, 02 Februari 2013

Ekspedisi Merbabu via kopeng cunthel turun di selo

Petualangan gunung merbabu kami lakukan menjelang malam tahun baru pada tanggal.31 desember 2012 ... Kami memulai perjalanan dari purwokerto menuju semarang rp 35.000 . Kemudian menuju kota salatiga. Rp 10000 Turun di perempatan menuju kopeng. Kemidian naik mobil pickup pengangkut sayur rp 10000 menuju ke sebelum basecamp di umbul  dan kami berjalan menuju base camp cunthel...

Perjalanan kami.mulai tanggal 31 selepas subuh Melewati perkebunan warga. Kemudian naik sampai basecamp.cunthel... Kami mengurus perizinan.  Setah itu perjalannan kami lanjutkan menyusuri desa-desa menuju kaki gunung merbabu. Sesekali sapaan ramah warga kampung kami dapatkan. Karna sudah menjadi tradisi warga sekitar lereng pegunungan untuk bersikap ramah kepada para pendaki... Kami melanjutkan hingga pos bayangan satu satu yg berdiri bangunan disana. Dan lanjut di pos 1 watuputut.
Kemudian lanjut ke pos 2. Disana cukup lapang untuk ngecamp. Bwat tenda...
       tapi kami lanjut langsung menuju pos 4 bekas pemancar. Yg smpe saat ini pemancarnya masih menjulang tinggi. Sampai disana kira2 pukul 01.00 kami masak makan siang. Stelah selesai .
kami lanjut berjalan menuju pos 4 helipad, dan hujan mengguyur deras. Pas di pos 5 helipad kami mendirikan tenda...untung kami bawa tenda.. Kalau nggak  bisa mati kedinginan kami...
Dan dari sore itu kami berada terus di dalam tenda, karna hujan datang tiba2., hingga kami memutuskan melanjutkan perjalanan menuju puncak kenteng songo, pada jam 02.00 ...kami berjalan dengan banyak rombongan yg mendaki malam itu.... Dan satu tips jika telah lewat puncak sebelum kenteng songo ... Nanti ada bukit antara puncak syarif dan kenteng songo.nanti turun ada jalan bercabang. Maka ambillah jalan yg turun. Karna pengalaman kami kemarin ketika naik ke atas  bukit itu medan sangat xtreme banget . Skali salah langkah jurangg dalam akan memakan kita. Ini jalur maut yg pernah saya lewati.... Tapi ambil sante aja.. Itung2 uji adrenalin... Hehe.
Dan trrnyata medan menuju puncak kenteng songo lumayan terjal. Dan kelihatan mengerikan.  Karna jurang menganga. Habis diguyur hujan lagi, dan remang2 di kegelapan itu yang membuat menyeramkan
Dan pas pukul 04.30 kami sampai puncak kenteng songo dan ngedom di atas puncak. Nunggu sunrice yg tak kunjung muncul. Sambil makan-makan dan mengabadikan moment indah itu dengan kamera kita sambil gaya2 n marxis2 dikit.  Dan  menikmati indahnya ciptaan Allah swt dan menancapkan bendera tauhid laailaahaillallah di atas sana...subhanalllah teryata pandangannya sangat mengagumkan......
    satu lagi yg ingin saya curahkan. Lebih baik ndaki di merbabu melewati kopeng salatiga dan turun di selo. Karna sangat mengesankan jika begithu.. Karna jalur melalui kopeng sangat enak dan tidak mem
Bosankan. Berbeda dengan jalur selo yg membosankan. Denga. Jalur aliran air.....
   sekian perjalanan kami... Semoga kompak selalu dibawah ridho Allah.